sedikit cerita tentang berbagi nasi Bandung

foto bersama

foto bersama

 

“Melalui sebungkus nasi untuk para saudara kita yang kurang beruntung; yang masih tidur beralas bumi beratapkan langit di jalanan seputar kota Bandung, kita berbagi dengan sederhana sebentuk harapan untuk membantu dan semangat untuk memberi”

 

Sebelum menjadi bagian dari berbagi nasi, 23 Juni 2012 saya terlebih dahulu bergabung dengan Rumah Belajar Sahabat Anak Jalanan atau bisa disebut dengan Rubel Sahaja Ciroyom. Disana, saya mendapat pelajaran berarti dengan berinteraksi secara langsung dengan anak jalanan dengan cara belajar bersama atau disebut calistung. Mendengar mereka bercerita tentang hidupnya dan suka diperhatikan oleh kakak-kakak (relawan), rasa ingin tahu lebih, makan gorengan bersama (sangat sederhana namun berarti). Setelah itu saya coba tambah ilmu lagi dengan mencari link komunitas sosial di bandung lewat mbah Google. Berbagi nasi itulah nama gerakannya(bukan sebuah komunitas, partai, dll). Gerakan yang asal muasal berasal dari bandung ini mencemari virus positif ke seluruh pelosok Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Berbagi nasi telah ada di 80 kota lebih (belum update lagi) se-Indonesia, cek Following kota di @berbaginasiID ya

Bergabung dengan pejuang-pejuang (berbagi nasi) hebat didalamnya, sejak 25 maret 2013 dan malamnya atau tanggal 26 maret 2013 adalah hari dimana umurku bertambah 1 tahun tapi teuteup berasa 17 tahun hahahha. Ketika itu ada kang Danang (pendiri gerakan berbagi nasi ), kang Chevy, kang Guss Arif dan tak terduga ada kang Abu Marlo (Magician) dan Adjie “Dygta” turut ikut dalam gerakan ini.

Selang 8 bulan (skip dulu hahaha karena banyak tugas ngampus)

Awal 2014, sudah saya niatkan akan aktif di 2 komunitas sosial yaitu berbaginasiID dan rubel sahaja Berbagi nasi, gerakan yang positif untuk membantu sesama dengan gerakan yang sangat sederhana yaitu dengan membagikan nasi bungkus. Acara Yearly Meeting berbagi Nasi 2014, disanalah awal mula diangkat menjadi bagian dokumentasi berbaginasiID. Meeting ini dibuat agar tahu sejauh apa berbaginasiID ini melangkah, kendala diberbagi nasi tahun 2013 dan planning ke depan di tahun 2014 dengan sinergi bersama berbaginasiJKT (Jakarta).

Banyak cerita bersama berbagi nasi, banyak ilmu yang didapat pula didalamnya dengan slogan yang sederhana namun berarti 

“Ketika aku takut memberi, aku lupa bahwa, semua yang aku miliki adalah pemberian-NYA”

Banyak pula kejadian dimana seseorang yang tidur dijalan itu mengalami sakit seperti TBC, stroke, kaki terkena pecahan kaca, kejang-kejang, dan lain-lain. Tindakan tim berbagi nasi langsung membawa seseorang (sudah keadaan darurat) itu ke rumah sakit dan bersinergi dengan dinsos. Selain kegiatannya berbagi nasi, kegiatan lain seperti berbagi sarapan (pagi-pagi, biasanya di tanggal merah/libur), berbagi pengobatan, berbagi liburan, dll.

Ingin tahu lebih lanjut tentang berbagi nasi.
check di berbaginasi.com (facebook) dan @berbaginasiID (twitter)
Salam Sanguan…Bray 🙂

NOTE : forgiveness. website, under repair…

Advertisements

Posted on 16 June 2014, in BerbaginasiID, Social and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: