Kegiatan Rubel Sahaja

1. Pendidikan Baca Tulis Hitung (CALISTUNG)

Kegiatan belajar calistung merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Rumah Belajar SAHAJA. Saat ini jadwal belajarnya adalah:

Ciroyom : setiap Sabtu dan Minggu sore (16.00-selesai) di atap pasar martabat Ciroyom.
Cimindi : setiap Selasa sore (16.00-selesai) dan Sabtu siang (13.00-15.00) di bekas pasar Cimindi Mal
Cimahi : proses belajar di Rubel Cimahi lebih fleksibel karena tempat yang bisa dipakai 24 jam

2. Pembagian Raport Belajar setiap 6 bulan

Proses belajar mengajar disusun dalam selang waktu 6 bulan, dan pada akhir masa pembelajaran dilakukan ‘pembagian raport’ yang dilakukan berbarengan dengan liburan anak-anak di rumah belajar. Pada pembagian raport diberikan hadiah kepada adik-adik rumah belajar yang memiliki prestasi dan kerajinan dalam mengikuti proses belajar mengajar selama 6 bulan ke belakang.

3. Peringatan 17 Agustus

Rumah belajar SAHAJA selalu memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus. Rumah belajar SAHAJA melakukan upacara bendera dengan perangkat upacara adalah adik-adik rumah belajar, yang dipimpin oleh Pembina Rumah Belajar. Upacara dilaksanakan di lapangan kecil di depan rumah belajar SAHAJA, bau sampah dan tempat yang kotor menambah syahdu pelaksanaan upacara.

Selain itu juga dilakukan berbagai macam perlombaan diantara adik-adik rumah belajar SAHAJA.

4. Peringatan Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli, dan Rumah Belajar SAHAJA perdana memperingati Hari Anak Nasional ini pada tahun 2010 kemaren, selain itu istilah Hari Anak Nasional Nasional kami gubah menjadi Hari Anak Jalanan Nasional. Pada tanggal ini diselenggarakan berbagai macam acara, mulai dari pentas seni hingga perlombaan antar relawan dan adik-adik rumah belajar SAHAJA.

5. Ramadhan dan Idul Fitri

Bulan suci Ramadhan merupakan momentum penting yang dapat dipergunakan dalam pendidikan adik-adik di rumah belajar. Mereka diajari puasa. Sistemnya adalah apabila mereka berpuasa penuh maka akan mendapatkan satu buah kupon berbuka puasa yang dapat ditukarkan di warung sudah ditentukan di sekitar rumah belajar, begitu juga apabila hanya sanggup puasa setengah hari, maka mereka harus mencari teman yang juga puasa setengah hari sehingga dapat memperoleh satu buah kupon. Dan kupon untuk sahur diberikan kepada mereka yang ikut belajar atau ikut shalat tarawih. Menariknya, ‘polisi’ yang mengawasi siapa yang jujur dan tidak dalam berpuasa adalah dari kalangan mereka sendiri. 🙂

Begitu juga apabila Idul Fitri datang, para relawan rumah belajar SAHAJA mulai sibuk untuk menyortir sumbangan pakaian yang ada, dipilih yang layak, dan kemudian dibagikan per anak, sehingga mereka dapat memakai baju yang baru di hari yang ‘baru’. 🙂

6. Camping

Berkemah di alam merupakan salah satu program rumah belajar SAHAJA yang paling diminati oleh adik-adik rumah belajar SAHAJA. Tidak terhitung jumlahnya kami melakukan kegiatan ini, kami pernah melakukannya di Gunung Halu Ciwidey, Gunung Puntung, Gunung Manglayang, Gunung Burangrang. Ini adalah media yang sangat baik untuk mendekatkan antara para relawan dengan adik-adik di rumah belajar SAHAJA.

7. Penggalangan Dana

Penggalangan dana diluar sumbangan para relawan dilakukan dengan membuat kalender tahunan, merchandise rumah belajar dan melakukan penjualan terhadap baju layak pakai. Uang yang terkumpul dipergunakan untuk pengeluaran rutin rumah belajar SAHAJA.

8. Teater Purnama

Teater purnama adalah semacam pentas seni yang digagas sebagai media apresiasi untuk para relawan dan para adik rumah belajar. Acara ini dilakukan setiap bulan, setiap sabtu malam yang paling dekat dengan siklus purnama. Para relawan dan adik jalanan bisa mementaskan apa saja disini, mulai dari bernyanyi, menari, membaca puisi, story telling, ataupun sekedar berbagi gelisah.

9. Latihan Futsal

Saat ini, latihan futsal masih belum dapat dilakukan secara rutin, meskipun peminatnya sangat banyak. Tempat yang paling sering dipergunakan sebagai tempat latihan adalah di Cimindi, atap pasar martabat Ciroyom atau di lapangan stasiun Ciroyom.

10. Kegiatan tentatif

Terdapat beberapa kegiatan lain yang dilakukan di rumah belajar SAHAJA, belum rutin, masih kondisional sesuai dengan sumber daya yang ada.

Sekolah Sepak bola
Pada awal tahun 2011, rumah belajar SAHAJA menyekolahkan satu anak di SSB Sabuga ITB. Namun karena satu dan lain hal, kegiatan ini terpaksa berhenti, padahal ini adalah salah satu usaha yang sangat positif.

Pendidikan tentang kesehatan gigi
Banyak kegiatan seperti ini yang dilakukan di rumah belajar SAHAJA, salah satu contohnya adalah pendidikan tentang kesehatan gigi dari Mahasiswa Kedokteran gigi UNPAD.

Pawai Bajak Laut Ciroyom
Pawai dilakukan untuk memperkenalkan rumah belajar SAHAJA Ciroyom kepada masyarakat di sekitar pasar Ciroyom.

Undangan ke berbagai acara
Sudah tak terhitung jumlah acara dimana kami diundang dan kemudian tampil sebaik mungkin, pada umumnya adalah acara organisasi mahasiswa yang juga adalah kakak relawan rumah belajar SAHAJA.

Tapi, diluar hal diatas itu semua, kegiatan utama kami tentu saja berbagi kasih sayang, berbagi tawa, berbagi ceria, berbagi segalanya. Tak ada yang mampu menggantikan wajah-wajah kecil mungil itu… 🙂

Sumber : http://rubelsahaja.wordpress.com/kegiatan-kami/

Advertisements

About zakapramadhan

Say, "It is He who has produced you and made for you hearing and vision and hearts; little are you grateful." (67:23)

Posted on 19 June 2014, in Rubel Sahaja Ciroyom, Social and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: