Tentang Rubel Sahaja (Rumah Belajar Sahabat Anak Jalanan)

69254_584901834854245_746849384_n

Rumah Belajar SAHAJA Ciroyom merupakan sebuah rumah belajar yang didirikan untuk mendidik perilaku ‘anak jalanan’ agar menjadi lebih baik, berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, mandiri, memperoleh pendidikan yang layak dan dapat diterima oleh masyarakat. Rumah belajar ini pertama kali digagas disekitar Pasar Ciroyom, Bandung, dan dalam perkembangannya juga melakukan pembinaan terhadap ‘anak jalanan’ disekitar Dago-Cikapayang, Buah Batu, Cimindi dan Cimahi. Untuk saat ini juga sudah terdapat dua buah rumah belajar yaitu Rumah Belajar Ciroyom dan Rumah Belajar Cimahi.

Cikal bakal Rumah Belajar SAHAJA hanyalah sekumpulan mahasiswa yang turun ke taman-taman kota dimana juga terdapat ‘anak jalanan’, dan kemudian mulai mengajar ‘anak-anak jalanan’ tersebut. Seiring waktu, jumlah relawan yang bergabung semakin ramai dan dalam perjalanannya merasa membutuhkan sebuah wadah yang lebih teroganisir dan resmi. Karena itulah kemudian dibentuk Rumah Belajar SAHAJA.

Rumah Belajar SAHAJA secara resmi didirikan pada 1 Juli 2009, dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah dengan masa pengabdian ± 6 bulan, dan hingga saat ini, Rumah Belajar SAHAJA Ciroyom sudah 5 kali pergantian kepala sekolah dan Rumah Belajar SAHAJA Cimahi (yang baru didirikan) masih memiliki 1 orang kepala Sekolah. Sistem pendidikan terus dikembangkan berdasarkan evaluasi ditiap 6 bulannya. Berikut adalah nama kepala sekolah Rumah belajar SAHAJA Ciroyom dan Cimahi:

Kepala Sekolah 1 Rumah Belajar SAHAJA Ciroyom : Fitri Muflihah
Kepala Sekolah 2 Rumah Belajar SAHAJA Ciroyom : M. Ramdhan Firdaus
Kepala Sekolah 3 Rumah Belajar SAHAJA Ciroyom : Siska Rahmawati
Kepala Sekolah 4 Rumah Belajar SAHAJA Ciroyom : Ali Burhan
Kepala Sekolah 5 Rumah Belajar SAHAJA Ciroyom : Rahma Ainun Nisa

Kepala Sekolah 1 Rumah Belajar SAHAJA Cimahi : Fitri Muflihah

Titik berat pembinaan adalah pada pendidikan membaca, bertulis dan berhitung (calistung), pendidikan agama dan keterampilan. Sistem pendidikan disusun ‘menyerupai’ sistem pendidikan sekolah umumnya, dengan evaluasi tiap 6 bulan masa belajar. Evaluasi dilakukan dengan ‘pembagian rapor sekolah’ sembari mengajak ‘anak jalanan’ untuk liburan ke tempat-tempat wisata di sekitar Bandung. Selain itu, 5 orang anak sudah kembali disekolahkan (1 orang sudah masuk sekolah sejak awal 2011), 6 anak disekolahkan tahsin, dan 1 anak pernah disekolahkan sepakbola di SSB Sabuga ITB.

Relawan Rumah Belajar SAHAJA pada umumnya berasal dari berbagai universitas di Bandung seperti ITB, UPI, UNPAD, UNIKOM, ITENAS, UNISBA dll, dan juga dari kalangan umum. Pendanaan Rumah Belajar SAHAJA dilakukan secara swadaya oleh para relawan dengan beberapa donatur tetap, khusus untuk Rumah Belajar SAHAJA Cimahi, sudah dilakukan kerjasama dengan pemkot Cimahi. Selain dari donator, beberapa kali juga sudah digagas usaha pencarian dana lain seperti pembuatan kalender dan penjualan baju layak pakai. Pengeluaran rumah belajar secara umum berkutat pada biaya rutin proses belajar mengajar, pembayaran sewa tempat rumah belajar, pembayaran biaya kursus anak-anak yang belajar keterampilan, dan acara tahunan seperti pembagian rapor, perayaan idul fitri dan idul adha, perayaan 17 agustus, perayaan hari anak nasional dan hari-hari besar lainnya.

Sumber : http://rubelsahaja.wordpress.com/tentang-kami/

Advertisements

About zakadoublez

Say, "It is He who has produced you and made for you hearing and vision and hearts; little are you grateful." (67:23)

Posted on 19 June 2014, in Rubel Sahaja Ciroyom, Social and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: