Guru Tamu di Sekolah Alam Dago Bandung

IMG_0131

Sebuah Kehormatan ditunjuk menjadi guru tamu di Sekolah Alam Dago Bandung untuk mengisi mata pelajaran Seni Keterampilan. Berbekal dari pertemuan di Berbagi Nasi Bandung, Sinergi antar relawan pun terbentuk dan berbincang tentang latar belakang Sekolah Alam Dago Bandung dengan salah satu wali kelas, Pak Wahyudin. Hal ini menjadi menarik untuk dilewatkan 😀

Ya, Menjadi seorang guru/dosen memang tidak mudah. Hal ini saya rasakan ketika menjadi guru tamu di sekolah alam. Padahal ini baru sekilas perkenalan saja tentang “recycled materials” dan tidak punya basic guru malahan. Tak bisa diucapkan dengan kata-kata tentang jasa seorang guru / dosen apalagi jasa mamah dan alm. bapak. Hal inilah yang menjadi rasa yang tak bisa diungkap, bagaimana pun ilmu apapun yang kita miliki haruslah dibagikan kepada orang lain karena sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain.

IMG_0132

Sekilas Deskripsi tentang Sekolah alam, Sekolah Alam Dago Bandung merupakan sekolah berbasis non-formal yang bergerak dibidang pendidikan yang memberikan/memfasilitasi siswa/i yang mempunyai kebutuhan khusus. Kebutuhan khusus disini seperti keterbatasan fisik, kurangnya perhatian orang tua, down syndrome, autis, dan lain-lain. Pada umumnya, siswa/I yang dididik disini adalah siswa yang tidak memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan pada umumnya (formal). Pendidikan bagaimana pun sangatlah penting untuk didapat semua orang, iitu merupakan hak bukan lagi sebuah kewajiban.

Hal ini menjawab semua keraguan, bahwa orang-orang yang memiliki kebutuhan khusus pun tidak harus dibedakan dengan orang normal lainnya. kita pun sama, hanya saja mereka perlu bimbingan khusus agar tetap terjaga dari segi perhatian. Tak perlu membeda-bedakan, karena semua ini hanya titipan Tuhan untuk kita dan tak perlu ada yang dibanggakan. Maka dari itu, hal yang perlu ditanamkan dan diterapkan ialah mencoba untuk tetap peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar mulai dari hal kecil.

IMG_0125

Jazakallah Pak Wahyudin yang memberi saya pengalaman menjadi seorang guru di Sekolah Alam Dago Bandung. Tentu ini menjadi pengalaman baru bahwa menjadi seorang guru harus benar-benar ada rasa cinta dan kasih sayang yang lebih ketika memberikan ilmu kepada adik-adik terutama pada anak yang mempunyai kebutuhan khusus. Terima Kasih, Sekolah Alam Dago Bandung

Advertisements

About zakapramadhan

Say, "It is He who has produced you and made for you hearing and vision and hearts; little are you grateful." (67:23)

Posted on 9 April 2016, in Sekolah Alam Dago Bandung and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: