3 tahun Berbagi Nasi Bandung

12552951_10201440646336018_7402200468400508351_n-crop

25 maret 2013 menjadi awal bergabungnya saya menjadi bagian di berbagi nasi. Konsep yang diusung oleh berbagi nasi ini sangatlah unik dan banyak memberi banyak pelajaran tentang hidup. Tanggal 25 maret dipilih karena hari itu adalah H-1 saya bertambah usia, sehingga sangatlah tepat bagaimana cara saya mensyukuri hidup yang telah diberikan oleh Allah SWT dengan cara berbagi terhadap sesama. Namun setelah itu absen selama 8 bulan karena disibukkan oleh waktu kuliah. Awal 2014 menjadi kembalinya saya ke berbagi nasi dengan niat yang lebih kuat dan lebih semangat untuk berbagi terhadap sesama. Diawali dengan adanya meeting berbaginasi 2014 dengan berbagai konsep yang akan membahas perbaikan intern dari kegiatan berbagi nasi tersebut. Hasil  meeting itulah saya diangkat dan dipercaya menjadi dokumentasi dan publikasi kegiatan berbagi nasi.

_DSC7570

Minggu ke minggu telah berlalu, banyak moment yang tidak bisa dikatakan dengan kata yang tepat karena moment ini adalah melihat cara mereka (Red; homeless) berjuang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka demi keluarganya. Makan bagi sebagian orang mungkin dapat 3 kali sehari dengan makanan yang enak dan lezat, sementara mereka yang berada dijalan ketika diberikan sebungkus nasi dengan makanan lauk pauk seadanya mereka sangat bahagia. Banyak moment yang saya syukuri dan mendapat pengalaman hebat ketika diberbagi nasi, seperti halnya mereka (Red; homeless) sudah dapatkan nasi dari relawan nasi akan tetapi meminta kembali ke relawan yang lain. Namun hal ini sangat disayangkan, begitu nasi habis ada saja yang tidak kebagian nasi.

this gentleman suffered a sudden attack of illness, and teams berbagi nasi to take it to RSHS. Hopefully, Ridwan Kamil and Dinsos can help this gentleman that we don't know the identity of his name because we can't even speak clearly,Ya Rabb give recovery to him, Amen, Ya rabb

Gambar diatas  adalah ketika mengantarkan seorang bapak yang tiba-tiba kejang dijalan, dan tim berbagi nasi lantas membawanya ke Rumah Sakit Hasan Sadikin untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut agar kondisi bapak ini lebih baik. Lantas tim pun mentweet dinsos Bandung untuk mendapat perawatan selanjutnya.

bapak ini mengalami stroke dan sudah sulit berbicara dengan jelas

Gambar diatas adalah seorang bapak lanjut usia mengidap stroke yang membuat kami ketika berkomunikasi agak susah untuk diterjemahkan karena asalnya bukan dari Bandung akan tetapi tim berusaha untuk mencari keluarganya yang entah dimana.

as

Gambar diatas adalah seorang bapak yang memiliki istri dan 3 orang anak. Bapak ini asli orang orang ciwidey yang merantau ke Kota Bandung untuk mencari nafkah, istri dan 2 orang anaknya kini telah tiada karena menjadi korban tanah longsor yang meratakan rumahnya dengan tanah. Saat itu bapak dan 1 anak tidak ada dirumah, kini bapak mencari penghasilan menjadi seorang pemulung dan anaknya menjadi seorang pelayan disalah satu toko di Bandung.

_DSC4458DSC_3592

Sempat 2x menjadi relawan terhadap korban banjir Baleendah dan subang untuk memberi bantuan terhadap mereka yang rumahnya terendam dengan ketinggian 3 meter akibat cuaca yang terus diguyur hujan.

_DSC0013 _DSC0008

kegiatan yang sering dilakukan ketika bulan puasa datang ialah mentiadakan kegiatan seminggu sekali berbagi nasi / menonaktifkan sementara kegiatan berbagi nasi di malam hari. kegiatan ini diganti menjadi berbagi takjil untuk mereka / masyarakat yang masih dijalan atau dalam perjalanan pulang dan saat itulah kami berbagi makanan ringan untuk sekedar berbuka puasa ketika masyarakat masih berada dijalan.

DSC_0347 DSC_0314

Gambar diatas merupakan gambar ketika sinergi antar kegiatan sosial dengan komunitas lain untuk menyatukan gagasan/ menyalurkan ide-ide kreatif mereka demi satu tujuan yang sama yakni membantu sesama manusia yang terkena musibah atau hal-hal lainnya yang bersifat kegiatan positif.

DSC_0124

Sempat Absen lama dari akhir februari hingga awal januari 2016 karena  saya harus fokus Pra Tugas Akhir dan Tugas Akhir yang nanti akan dihadapi. Setelah selesai sidang Tugas Akhir, saya kembali ke berbagi nasi bukan sebagai dokumentasi dan publikasi berbagi nasi lagi tetapi sebagai relawan yang membagikan nasi kepada orang yang berhak untuk diberikan nasi bungkus.

Hari ke hari, minggu ke minggu, tahun ke tahun silih berganti, tak terasa sudah 3 tahun menjadi bagian berbagi nasi Bandung. Banyak perubahan dari seluruh aspek dari awal saya bergabung hingga saat ini. Relawan silih berganti datang dan pergi, namun hal itu perlu dimaklumi karena pasti ada waktunya untuk fokus pada kehidupan masing-masing. Pada Akhirnya, saya pun akan seperti mereka dan tidak akan ada diberbagi nasi lagi namun entah kapan karena bagi saya berbagi nasi ini memberi banyak pengalaman dan pelajaran tentang hidup. Kenapa saya harus berhenti dari berbagi nasi? Bukan berhenti tapi banyak kegiatan-kegiatan positif selanjutnya yang masih berhubungan dengan kegiatan sosial yang perlu saya ikuti untuk mendapat pengalaman dan pelajaran hidup yang baru dari kegiatan tersebut.

(25 maret 2013-25 maret 2016)

 

Advertisements

About zakapramadhan

Say, "It is He who has produced you and made for you hearing and vision and hearts; little are you grateful." (67:23)

Posted on 22 April 2016, in BerbaginasiID, Social and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: