BEARPRENEUR PANTI ASUHAN BABUSSALAM

Kali kedua saya mengikuti kegiatan beruang matahari setelah acara BEARNIVAL di tahun 2015 . Kali ini beruang matahari menemani anak-anak di Panti Asuhan Babussalam dengan tema “BEARPRENEUR”. Bearpreneur ialah kegiatan yang diusung beruang matahari untuk mendekatkan dan memberi pengetahuan tentang dunia bisnis kepada anak-anak Panti Asuhan Babussalam. Pada saat postingan itu tertuju tanggal 16 April 2017, kebetulan hari minggu memang tidak ada kegiatan dan saya berniat untuk ke sana.

Pada hari minggu saya berangkat pukul 07.30 padahal acara dimulai jam 08.00. Sebenernya terhitung dekat sih jarak rumah ke Dago hehe… sebelum pergi saya pakai GPS terlebih dahulu, maklum ngga tau arah jalan wkkwwk kalo ada yang nanya nama jalan pasti saya bingung jawabnya padahal kalo diliat di google daerahnya tau kwkwkwkkw maklum. Sesampainya lokasi saya tidak melihat satu pun orang yang memakai kaos beruang matahari, mungkin emang karakter orang-orang Indonesia ya hehhe.. di rundown jam seginin dimulainya mayan telat hehe. Akhirnya saya ngopi dulu di warung sekitar panti asuhan sambil nunggu kakak-kakak bears.

Waktu menunjukan pukul 08.10 akhirnya beberapa kakak-kakak bears datang dan langsung ke tempat berkumpulnya anak-anak. Eh ternyata acara dimulai jam 09.30 wkwkkwkw….. mengisi waktu dengan ngobrol sejenak dengan para kakak-kakak bears tentang acara dan gathering untuk bulan puasa nanti. Setelah lumayan berbincang, akhirnya acara Bearpreneur dimulai dengan diisi oleh pemateri dari ITB yaitu kang kampret ( poho euy namina :’D ) . Selama sesi presentasi anak-anak begitu serius mendengarkan materi yang diberikan kang kampret. Saat sesi pertanyaan ada salah satu anak yang sudah memulai bisnis yaitu usaha ternak bebek dan salah satu Quote dari MC kakak bears yaitu kang janna membuat saya tertawa yaitu “cintailah prosesnya, jangan bebeknya”. Ini menjadi best quote of the day katanya .

Materi selanjutnya setelah jam istrirahat ialah anak-anak menerapkan ide-ide brilian sebagai simulasi tentang dunia bisnis. Anak-anak dibagi ke dalam 5 kelompok dengan dibantu oleh mentor termasuk saya yang menjadi mentor *padahal mah ngga begitu ngerti tentang dunia bisnis wkkwkwk… waktu yang diberikan hanya 30 menit dan disana saya membantu anak-anak untuk memberikan ide-ide yang nantinya akan dipresentasikan namun sayangnya anak-anak yang saya mentori banyak bercandanya tetapi saya maklumi dan saya terus memberi arahan. 30 menit sudah berlalu dan saatnya anak-anak mulai mempresentasikan hasil diskusinya. Beberapa kelompok mempunyai karakter yang berbeda-beda dan salah satunya yang saya suka ialah bisnis memandikan jenazah yang mempunyai 3 penjualan jasa yaitu premium, gold, dan biasa. (sa ae uy barudak kwkwkwk but it’s  good idea namanya juga simulasi bisnis).

Sesi presentasi selesai dengan dibagikannya hadiah dengan kategori best preneur, best concept, dan skor penjualan tertinggi. Namun itu semua bukan membedakan mana kelompok yang paling bagus atau jelek tetapi agar anak-anak tau tentang dunia bisnis. Acara ditutup dengan foto bersama dengan kakak-kakak bears dan diakhiri dengan saling bersalam-salaman. Acara selesai dan akhirnya evaluasi acara dan berbincang lanjut tentang acara nanti di ulang tahun beruang matahari yang ke 5. Inti dari kegiatan ini saya senang bisa membantu kakak-kakak bears dalam acara Bearpreneur sekalian tidak lupa untuk menjalin silaturahim 😀 .

About zakapramadhan

Say, "It is He who has produced you and made for you hearing and vision and hearts; little are you grateful." (67:23)

Posted on 21 April 2017, in Beruang Matahari, Social. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

